Wali Kota Jayapura: Otsus harus lanjut

JAYAPURA – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan mendukung Otonomi Khusus (Otsus) Papua tetap dilanjutkan karena memberikan dampak positif kepada warga di Kota Jayapura.

 

“(Kepada) Tim evaluasi otsus, saya mengatakan otsus itu sukses menunjukkan keberhasilan setiap tahun, maka otsus ini penting bagi rakyat,” ujar Tomi Mano di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (10/8/2020).

 

Menurut Tomi Mano, hal itu untuk menyikapi pro dan kontra tentang rencana kelanjutan Otonomi Khusus di Papua, yang sudah diberikan sejak tahun 2001.

 

Dikatakan Tomi Mano, setiap tahun Pemerintah Kota Jayapura mendapat alokasi dana Otonomi Khusus sebesar Rp95 miliar. Dana ini digunakan untuk kegiatan mensejahterakan rakyat seperti di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial, dan ekonomi kerakyatan.

 

“Di bidang pendidikan misalnya, anak-anak asli Port Numbay dan non Port Numbay, saya sekolahkan mereka di Universitas Satya Wacana di Salatiga, ada juga di Amerika, dan semuanya berhasil. Jadi, otsus itu harus lanjut, khususnya di Kota Jayapura ini,” ujar Tomi Mano.

 

Di tempat yang sama, Kapolresta Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, mengatakan dalam menyikapi Otonomi Khusus Papua agar warga tidak terpancing emosi sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.

 

“Mari tetap jaga kamtibmas di Papua khususnya di Kota Jayapura dalam menyikapi otsus ini,” ujar Urbinas.

 

Menurut Urbinas, penolakan perpanjangan Otonomi Khusus terus mengalir dari masyarakat di Papua sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi.

 

“Kita harus lebih dewasa menyikapi masalah otsus ini, demi Tanah Papua yang kita cintai,” ujar Urbinas.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.