Sandiaga: Perlu Digalakkan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Jakarta – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menilai masyarakat perlu diberi pemahaman secara luas mengenai bahayanya Covid-19 dan bagaimana menghindarkan diri dari serangan virus corona. Misalnya memberikan sosialisasi kepada warga soal bagaimana mencegah penularan virus mematikan itu. Bagaimana memakai masker yang benar, cuci tangan dan menjaga jarak kontak satu orang dengan yang lain.

“Perlu sosialisasi secara massal. Kita harapkan bisa mencegah penularan dan penyebaran serta memutus mata rantai COVID-19 ini. Kita akan lakukan kegiatan ini secara simultan dan fokusnya ini adalah satu bulan ke depan,” kata Sandi yang juga Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/4).

Sandi juga menyebut akan menggalakkan Gerakan Nasional Masker, menjalankan program Jaring Pengaman Sosial dengan bekerja sama tokoh lokal dan forum RT/ RW untuk membagikan 20 ribu paket sembako kepada masyarakat di zona merah. Selain itu juga memfokuskan untuk mendistribusikan 10 juta masker ke delapan provinsi zona merah.

“Saat ini kami menggalakkan Gerakan Nasional Masker yang diikuti pembagian Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di garda terdepan,” kata Sandi.

Sandi juga menyebut akan memfokuskan penyaluran bantuan di delapan provinsi, utamanya di zona merah. Khususnya di daerah padat, daerah prasejahtera, daerah di mana masyarakat merasakan dampak terberat dari krisis ekonomi yang ditimbulkan pasca pandemi covid-19, ini.

Sandi menyebut juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan truk tangki di wilayah-wilayah tersebut.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini dideklarasikan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Rabu 22 April lalu. Sekitar 300 orang turut bergabung sebagai relawan.

Acara deklarasi turut menerapkan protokol kesehatan dari WHO sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona COVID-19.

Selain wilayah Jabodetabek, tim ini juga tersebar di 7 kota lainnya yaitu di Bali, Semarang, Jawa Barat, Makassar, Banten, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Mereka mengikuti jalannya deklarasi secara streaming.

Dalam acara tersebut juga diadakan rapid tes massal di kawasan Wisma Atlet, pembagian 10.000 paket sembako dan jutaan masker.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.