Rapid Test Massal oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

ZONANEWSIDRelawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 berupaya mendatangi masyarakat langsung hingga ke kelurahan guna memberikan layanan rapid test Covid-19.

“Ya, kami akan menyasar zona merah terutama daerah padat dan yang banyak warga prasejahtera,” kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Salahudin Uno di Jakarta, Ahad (26/6).

Relawan menyiapkan unit mobil untuk menggelar rapid test gratis tersebut yang akan menghampiri kelurahan-kelurahan dan beberapa permukiman padat penduduk serta terdapat banyak warga yang prasejahtera. “Permukiman padat dan banyak warga yang belum terakses dengan bantuan sembako,” ujar sandiaga.

Sandi berharap, Indonesia tidak hanya semata bertahan, melainkan juga harus berhasil kebangkitan dari keterpurukan. Untuk itu, ia mengajak masyarakat Bersatu untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Saat lemah ada tangan yang meraih, saat jatuh ada kawan yang mengampu (menyokong). Ketika tumbang ada sahabat yang datang menyumbang,” kata Sandi usai menggelar rapid test massal yang digelar Relawan Indonesia Bersatu di area parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sejak sepekan belakangan.

“Anak cucu kita nanti pun akan mencatat dan membalas betapa kita hari ini berjuang bersama dan menunjukkan pada mereka, persatuan kitalah yang akan menyelamatkan kemanusiaan kita dan kebangsaaan kita,” jelasnya.

Sandi menjelaskan, gelar rapid test massal tetap mengacu protokol Covid-19, yakni menjaga social dan physical distancing, selama pemeriksaan terhadap 300 sampai 500 orang per hari.

Cawapres 2019 tersebut menargetkan, pelaksanaan rapid test tersebut dapat menjangkau sebanyak 50 ribu orang dari delapan wilayah yang termasuk dalam zona merah di Jabodetabek.

“Ini adalah program kerjasama Relawan Indonesia Bersatu dengan berbagai pemangku kepentingan. Dari yang sudah dites terdapat 29 yang positif, mereka langsung diantar dengan ambulans ke ruang isolasi Wisma Atlet,” ucap Sandi.

Untuk mereka yang dinyatakan negatif, pihaknya memberikan paket sembako gembira untuk membantu meringankan beban ekonomi yang dirasakan masyarakat dalampandemi Covid-19 ini.

Bersamaan dengan hal tersebut, Relawan Indonesia Bersatu juga melakukan polymerase chain reaction (PCR) test dengan menggunakan laboratorium mobile. Dalam kegiatan yang dimulai awal Mei 2020, Sandi menargetkan dapat melakukan pemeriksaan sebanyak 1.000 orang per hari dengan menggunakan empat unit mobil laboratorium.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.