Peringati HUT RI ke-75, TNI AD Kibarkan Merah Putih Raksasa di Papua

Loperberita.com – Papua adalah salah satu pulau yang terletak di ujung timur Indonesia yang kerap menjadi sorotan baik di mata seluruh rakyat Indonesia, maupun di mata dunia. Banyak sebab yang menjadikan Papua sebagai sorotan di mata asing, mulai dari keindahan pulau-pulau wisatanya, hingga dicap sebagai daerah konflik.

 

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini masih ada sejumlah kecil kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang menginginkan Papua keluar dari NKRI. Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun seperti tidak mau kecolongan dengan pergerakan segelintir OPM yang saat ini berada di wilayah pegunungan Papua itu.

 

Dalam momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang jatuh pada esok hari, 17 Agustus 2020, TNI Angkatan Darat dari Satgas Pamrahwan Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad menggelar upacara pengibaran bendera merah putih ‘raksasa’ sepanjang 75 meter di salah satu distik Papua, yaitu Distrik Bamgi, Papua.

 

Upacara pengibaran bendera merah putih raksasa itu dilakukan bersama dengan melibatkan satuan Brimob Kompi 2 Batalyon D Pelopor, Pemerintah Kabupataen Mappi, dan warga masyarakat Distrik Bamgi.

 

Komandan Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad, Letkol Inf Dodi Nur Hidayat menyatakan, kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa berukuran 75 meter itu dilakukan bersama-sama dengan melibatkan seluruh unsur pihak keamanan TNI dan Polri yang bertugas di pos jaga Papua, Muspida Kabupaten Mappi, dan masyarakat Papua untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun di Kabupaten Mappi.

 

“Pada intinya ini merupakan sinergitas yang selalu dibangun dimana TNI-Polri harus bersatu demi keutuhan NKRI tidak hanya di kota besar, namun sampai juga di daerah pedalaman,” kata Dansatgas TNI Letkol Inf Dody Nur Hidayat melalui keterangan tertulisnya dikutip dari VIVA Militer, Minggu, 16 Agustus 2020.

 

Dia menambahkan, sebagai bentuk sinergitas antara TNI, Polri, Muspida, dan masyarakat di Kabupaten Mappi, kegiatan pembentangan bendera merah putih raksasa itu dilakukan di tengah-tengah antara Pos Bade yang dikomandoi oleh Danpos Letda Inf Bayu dan Pos Keppi yang dikomandoi oleh Danpos Sertu Budi.

 

Sementara itu, Kepala Distrik Bamgi, Yulius Yaas mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri yang menyelenggarakan acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di wilayahnya itu. Lebih jauh dia berharap, kerjasama TNI dan Polri, pemerintah Kabupaten Mappi, serta masyarakat Distrik Bamgi itu dapat terus dijalankan demi menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat Papua, khususnya di Distrik Bamgi.

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.