PB HMI: Omnibus Law sebagai Solusi Pembangunan Nasional

Direktur Eksekutif Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam PB HMI, Arven Matra, memburi dukungan tertulis kepada penerapan Omnibus Law di Indonesia. Sebagaimana dalam tulisannya berjudul Omnibus Law sebagai Solusi Pembangunan Nasional, ia meyakini jika Omnibus Law nantinya bisa menjadi ujung tombak percepatan pertumbuhan ekonomi dari dan untuk Indonesia.

“Meskipun mendapat penolakan dari elemen buruh, tampaknya pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat tidak bergeming dalam upaya melaksanakan rancangan Omnibus Law. Ini merupakan bagian dari wacara perampingan regulasi dari pemerintah,” jelas Arven.

“Wacana Omnibus Law diharapkan menjadi ujung tombak untuk percepatan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Arven juga sepakat bahwa salah satu faktor yang menghambat laju perekonomian adalah jalur birokrasi.

“Nah, dengan adanya Omnibus Law, jalur birokrasi yang selama ini berbelit-belit karena regulasi yang panjang akan terpangkas. Dampaknya, proses investasi yang selama ini dikeluhkan oleh sebagian investor akan berjalan dengan cepat.”

Mengutip pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD, Arven turut menjelaskan jika Omnibus Law kela akan diberikan tugas menggugurkan aturan-aturan yang dianggap tidak perlu. Bahwa Omnibus Law secara khusus akan membenahi setiap regulasi di bidang ekonomi yang meliputi investasi, pajak, pembangunan, dan ketersediaan lapangan kerja.

“Dengan adanya Omnibus Law, sangat diharapkan akan berdampak pada efisiensi dan efektivitas perizinan investasi, sehingga tidak akan menghambat laju pembangunan nasional.”

Selain itu, ia memusatkan perhatian kepada apa yang dilakukan oleh beberapa negara, di mana investasi diarahkan dan memberi pengaruh ganda untuk jangka panjang.

“Satu sisi, investasi berpengaruh terhadap perkembangan produksi nasional karena tersedianya stok modal yang menjadi faktor penting kelangsungan dunia usaha. Di sisi lain, investasi berpengaruh pada permintaan agregat.”Oleh karena itu, simpul Arven, untuk mencapai steady-state growth atau pertumbuhan ekonomi yang mantap, diperlukan kondisi di mana para pelaku usahanya memiliki harapan dan pandangan yang cenderung stabil.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.