Kasad Andika Jalin Kerja Sama dengan Unair untuk Penelitian Obat Covid-19

JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa memantau langsung laporan pengadaan laboratorium polymerase chain reaction (PCR) tahap pertama di 15 RS TNI AD yang menjadi prioritas. Selain pemantauan, Andika juga menjalin kerja sama dengan RS Unair terkait penelitian obat Covid-19.

 

“Pengadaan laboratorium PCR di 68 Rumah Sakit TNI AD demi penanganan virus Covid-19 yang semakin bertambah angka positifnya saat ini,” kata Andika seperti yang diunggah YouTube di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

 

Kepala Pusat Zeni TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Mohammad Munib mengatakan, laporan dibuat secara mendetail pada masing-masing RS yang menjadi prioritas utama. “Laporan secara mendetail dilakukan Kodam pada tiap-tiap wilayah mengikuti arahan yang diberikan oleh KSAD,” kata Munib.

 

Segala upaya yang dilakukan TNI AD untuk mencegah penyebaran Covid-19. Baik dalam pengadaan alat kesehatan tenaga medis hingga kerja sama dengan RS lain.

 

Ketua Pusat Penelitian RS Unair Dr Purwati mengatakan, riset yang dilakukan merupakan perluasan indikasi dari obat-obatan Covid-19 yang sudah beredar. “Kami melakukan riset yang diujikan ke virus dan dilanjutkan ke Multi Center Clinic, studi pengembangan obat untuk dilakukan perluasan indikasi dari obat-obat yang sudah ada,” katanya.

 

Sumber

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.